Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Konten dan Foto Produk untuk Meningkatkan Penjualan Hasil Hidroponik di Pondok Pesantren Miftahul Falah

Pondok Pesantren Miftahul Falah merupakan pondok pesantren yang berlokasi di Jl. Gedebage Selatan No.115, Kel.Derwati Kec.Rancasari, Bandung, Jawa Barat, menjadi sebuah lembaga resmi yang bernama Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Falah. Dalam pengembangannya hingga saat ini, YPI Miftahul Falah telah mendirikan Pondok Pesantren Putra Putri, Majlis Ta’lim, Madrasah Diniyah, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Pengabdian masyarakat saat ini adalah seri ketiga di Pondok Pesantren Miftahul Falah. Pengabdian masyarakat seri pertama, tim PKM Telkom University telah melakukan kegiatan dengan tema SDGs Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, dimana tim PKM merancang paket bertanam hidroponik di Pesantren Miftahul Falah. Pada pengabdian masyarakat kedua, tim PKM merancang website dan melakukan rebranding pada kemasan produk guna mempromosikan hasil pertanian hidroponik yang dihasilkan sehingga lebih menarik bagi khalayak untuk membeli. Perancangan tersebut memberikan manfaat bagi masyarakat mitra yang dapat membantu meningkatkan pendapatan ekonomi diluar wawasan di lingkungan pesantren. Berdasarkan survei dan wawancara yang dilakukan kepada pengurus, solusi yang paling baik adalah dengan memasarkan hasil tanaman hidroponik dari program pengabdian masyarakat sebelumnya menggunakan media sosial media. Berdasarkan permasalahan di atas, setidaknya ada 2 kegiatan sebagai solusi yangditawarkan dalam bentuk pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan periode 2- 2022 ini yaitu pengembangan dan pembuatan konten sosial media produk hidroponik pesantren dan pelatihan produksi foto produk untuk hidroponik pesantren. Setelah kedua kegiatan tersebut terealisasikan, akan dilakukan evaluasi dan pelaporan untuk mengukur keberhasilan dan tepat sasar guna kegiatan abdimas ini.

Gambar 1. Hasil foto produk di instagram produk hidroponik Pondok Pesantren Miftahul Falah.
Gambar 2. Materi pelatihan tentang foto produk
Gambar 3. Materi pelatihan tentang penulisan
caption/ copywriting di instagram
Gambar 4. Suasana lomba pembuatan konten menggunakan alat dan bahan yang disediakan
Gambar 5. Hasil konten buatan peserta
Gambar 6. Pembagian hadiah pembuatan konten terbaik
Gambar 7. Foto tim abdimas dari Universitas Telkom
Gambar 8. Hasil Foto produk dan Copywriting

Dari hasil kegiatan masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa pemasaran digital melalui media sosial merupakan solusi yang baik dan diperlukan oleh masyarakat sasar dalam hal ini Pesantren Miftahul Falah. Para peserta dari pondok pesantren terlihat sangat antusias dalam menerima masukan dan melakukan praktik baik foto produk dan menulis caption untuk memasarkan produk melalui instagram.